Mengenal Narkoba dan Bahayanya
Mengenal Narkoba dan Bahayanya 


Pengertian Narkotika
Narkotika adalah bentuk murni maupun campuran atau sediaan-sediaan yang berasal dari tanaman candu (papaversomniferum), ganja (cannabis) dan koka (Erythroxylon), juga termasuk dalam golongan narkotika adalah bahan lain baik alamiah, sintetis maupun semi sintetis, yang dapat dipakai sebagai pengganti morfin atau kokaina, apabila penyalahgunaannya dapat menimbulkan akibat ketergantungan yang merugikan seperti pethidina, metadon dan lain-lain.
Pengertian Obat Berbahaya
Obat berbahaya adalah obat yang apabila disalahgunakan akan menimbulkan ketagihan (addiction) yang pada gilirannyasampai pada ketergantungan.
Tergolong pada obat-obat berbahaya adalah :
  1. Depresensia ialah obat-obat untuk meredakan kegiatan syaraf dan fungsi tubuh yaitu obat tidur dan obat penenang seperti luminal, valium, mandrax, rohypnol, dumolid dan lain-lain.
  2. Stimulansia ialah obat-obat yang merangsang kegiatan syaraf sehingga mengurangi rasa ngantuk dan lapar serta menyebabkan perasaan gembira berlebihan misalnya amfetamina, ecstasy.
  3. Halusinogen ialah obat-obat yang dapat menimbulkan perubahan perasaan, pemikiran, kesadaran diri, dan emosi pada seseorang sehingga ia tak mampu membedakan antara realitas dan fantasi, misalnya LSD dan THC.
Penyalahgunaan Narkotika dan Obat Berbahaya
Penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya ialah pemakaian narkotika dan obat berbahaya diluar indikasi medik, tanpa petunjuk/resep dokter, pemakaian sendiri secara relatif teratur atau berkala sekurang-kurangnya selama satu bulan. penyalahan narkotika dan obat berbahaya sebagian besar (97 %) adalah remaja yang berusia antara 13-17 tahun.
Faktor-faktor yang berperan pada penyalahgunaan Narkotika dan Obat Berbahaya
  1. Faktor Kepribadian (antisosial)
  2. Kondisi kejiwaan, kecemasan dan atau depresi
  3. Kondisi Keluarga, meliputi keutuhan keluarga, kesibukan orang tua, dan hubungan antara orang tua dan anak.
  4. Kelompok teman sebaya.
  5. Ketersediaan dan kemudahan memperoleh narkotika dan obat-obatan berbahaya.
Dampak Penyalahgunaan Narkotika dan Obat Berbahaya
a. Kemerosotan Fisik
- Kurang Gizi : Hidup seseorang pecandu hanya berkisar pada bagaimana caranya memperoleh dan menikmati narkotika dan obat-obat berbahaya, sampai lupa makan. Mereka akan kehilangan nafsu makan sehingga berakibat kurus dan lemah badan karena kurang gizi.
- Infeksi Kulit dan eksim kulit : Pecandu obat narkotika dan obat berbahaya biasanya tidak memperdulikan kebersihan diri, mereka menggunakan alat dan jarum suntik yang tidak steril akibatnya terjadi infeksi.
- Penyakit infeksi lainnya : Terjadinya kekurangan gizi mengakibatkan lemahnya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang berbagai penyakit seperti bronchitis, TBC dan sebagainya.
b. Kerusakan mental
Pecandu narkotika dan obat berbahaya akan mengalami kemunduran mental, daya tahan tubuhnya dalam menghadapi problema dan tantangan hidup akan menurun. Mereka ingin segera melarikan diri dari problema, ingin yang mudah, yang menyenangkan dirinya, kepercayaan dirinya hilang.
c. Kehancuran masa depan
Hilangnya kepercayaan pada diri sendiri, tidak tahan menghadapi kesulitan hidup, menyebabkan gagalnya sekolah, karier pekerjaannya yang berarti kehancuran masa depan.
Tanda-tanda Umum Penyalahgunaan Narkotika dan atau Obat-obatan Berbahaya
Perubahan sikap, peringai dan kepribadian, misalnya :
- Sering membolos, kurangnya disiplin dan merosotnya nilai-nilai pelajaran. Mudah tersinggung, mudah marah, sering menguap, dan mengantuk, malas, tidak memperdulikan masalah kebersihan diri.
- Suka mencuri dimulai dari barang kecil untuk membiayai kebutuhannya membeli narkotika dan obat-obat berbahaya.
- Sering menggunakan baju lengan panjang untuk menyembunyikan luk suntik pada lengan dan memakai kacamata hitam untuk menyembunyikan perubahan warna, dan ekspresi matanya akibat penyalahgunaan narkotika dan obat berbahaya.
Langkah-langkah untuk menanggulanginya
- Upaya penyuluhan yang lebih intensif dan profesional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya narkotika dan obat-obatan berbahaya.
- Pembinaan remaja dengan pendekatan persuasif dan dari remaja ke remaja.
- Kehidupan beragama di keluarga, di sekolah dan masyarakat perlu ditingkatkan.
- Menemu kenali penyalahguna narkotika dan obat berbahaya secara dini.

Zat Adiktif Lainnya
Alkohol
Efek :
- Memperlambat kerja sistem saraf pusat, memperlambat refleks motorik, menekan pernapasan, denyut jantung, dan mengganggu penalaran & penilaian.
- Menimbulkan perilaku kekerasan, meningkatkan resiko kecelakaan lalu lintas.
- Gejala putus zat mulai dari hilangnya nafsu makan, sensitif, tidak dapat tidur, kejang otot, halusinasi dan bahkan kematian.

Zat yang Mudah Menguap
(Lem, Thinner, Bensin, Spiritus)
Efek :
- Memperlambat kerja otak dan sistem saraf pusat.
- Menimbulkan perasaan senang berlebihan, puyeng, penurunan kesadaran, gangguan penglihatan dan pelo.
- Problem kesehatan terutama merusak otak, liver, ginjal dan paru-paru
- Kematian timbul akibat berhentinya pernafasan & gangguan pada jantung.

Zat yang Menimbulkan Halusinasi
(Jamur Kotoran Kerbau, Sapi Kecubung)
Efek  :
- Bekerja pada sistem saraf pusat untuk mengacaukan kesadaran dan emosi pengguna.
- Perasaan sejahtera, perubahan pada proses pikir, hilangnya kontrol, hilang orientasi dan depresi
- Karena Halusinasi bisa menimbulkan kecelakaan.

Reviews:

Posting Komentar

MY EXPERIENCES © 2014 - Designed by Templateism.com, Plugins By MyBloggerLab.com

Contact us

Diberdayakan oleh Blogger.